7 Alasan Melakukan Zumba

Siapa yang tak kenal Zumba? Olahraga ini tengah jadi trend di kalangan hawa. Mengkombinasikan gerakan tarian Salsa dan Tarian Latin lainnya membuat Zumba asik untuk diikuti. Terlebih diiringi dengan musik upbeat. Sehingga mampu memompa semangat dan mengimprovisasi tingkat kebugaran anda. Anda tidak perlu harus pintar menari, karena Zumba sendiri dirancang seperti senam aerobik pada umunya, sehingga mudah untuk dipraktikkan. Kesannya, orang akan dengan mudah berolahraga, ditambah dengan sensasi seperti menari di sebuah pesta.

Memiliki sejarahnya, Zumba pertama kali diciptakan oleh seorang instruktur aerobic asal Columbia bernama Alberto “Berto” Perez pada tahun 1990. Konon Berto menemukan istilah senam Zumba ini seacara tidak sengaja, ketika ia lupa membawa kaset senamnya. Lantas untuk mengakalinya, ia pun menggunakan music upbeat yang ada di dalam mobilnya. Tarian fitness ala Berto pun lebih dikenal dengan nama Zumba. Di Indonesia sendiri, Zumba baru masuk di awal tahun 2009, sementara di Amerika popular sejak tahun 2003. Zumba juga kerap menggabungkan gaya dari tarian Samba, Cumbia, Merengue, Salsa, Reggae, Hip-hop, Mambo, Rumbam Flamenco, dan Calypso.

Meski terkesan santai, gerakan Zumba tidak boleh dilakukan secara asal lho! Saat melakukan Zumba, kita tidak berlama-lama diajarkan per gerakan terlebih dahulu, melainkan biasanya anda akan langsung disarankan untuk mengikuti gerakan instruktur. Zumba  ini bisa dibilang 70% dansa dan 30% fitness. Oleh karena itu, setiap gerakan Zumba harus dibawa santai sambil menikmati musik.

Namun, benarkah Zumba memberikan efek yang besar bagi tubuh kita? Apa saja sih manfaatnya? Berikut tujuh manfaat dari bersenam Zumba!

  1. Mengencangkan Tubuh

Gerakan Zumba sangat baik untuk menggerakan lebih banyak otot pada tubuh Anda. Sesunggguhnya saat Anda mempraktekkan Zumba, akan ada banyak kombinasi gerakan kebugaran tradisional, semisal squat dan lunge di sana. Otot-otot menjadi ikut kencang dan latihan pun jadi lebih menyenangkan.

  1. Jadi Lebih Rajin Senam

Beberapa wanita mungkin merasa sulit untuk mengikuti gerakan senam dan membuatnya malas meneruskannya. Tapi berbeda dengan Zumba. Meski menawarkan gerakan yang cenderung kompleks, namun wanita justru cenderung akan lebih bersemangat untuk menguasainya. Itu lantaran atmosfer yang dibangun sangat menyenangkan, dimana bersinergi dengan music dan gerakan tari. Anda pun akan bertekad untuk melakukan seluruh gerakan Zumba sampai bisa.

  1. Memperbesar Interaksi Sosial

Bagi yang melakukan Zumba secara berkelompok di tempat-tempat gym tentu akan memberikan manfaat dalam hal interaksi sosial. Zumba mampu mempertemukan Anda dengan orang-orang baru. Anda bisa memulai persahabatan yang baru. Bukankah ini akan lebih menyenangkan ketimbang melakukan Zumba sendirian.

  1. Untuk Semua Umur

Ya Zumba ini dirancang untukbisa dilakukan oleh seumur. Bahkan ada cabang Zumba khusus yang bernama Zumbatonic, di mana ditujukan  untuk anak-anak dari usia 4 hingga 12 tahun. Gerakan yang diajarkan cenderung seperti meningkatkan elastisitas tubuh., membuat mereka bergerak aktif dengan cara menyenangkan dan membuat mereka sehat. Bahkan Zumba bisa dilakukan oleh mereka yang berusia 80 tahunan.

  1. Melangsingkan tubuh

Melangsir Huffingtospot.com seorang pelatih senam Zumba bernama Kass Martin mengungkapkan bahwa ia memiliki murid perempuan yang berhasil mengurangi berat badannya hanya dengan rutin melakukan Zumba. “Saya memiliki seorang murid yang kehilangan 34 kg berat badannya dan dia melakukannya dengan gembira, “ujar Kass.

  1. Mengurangi Stress

Boleh dikatakan Zumba itu semacam terapi gratis di kala stress. Kass Martin  mengatakan bahwa saat ayahnya di diagnosa menderita kanker, dia bisa melepas pikiran-pikiran buruknya selama melakukan Zumba. Anda bisa mencobanya, karena ternyata setiap gerakan Zumba yang aktif itu mampu menurunkan kadar hormon stress di dalam tubuh.

  1. Membuat Anda Lebih Bahagia

Percayakah Anda kalau semakin banyak kalori yang dibakar, maka seseorang bisa lebih bahagia? Ini lantaran ketika tubuh bergerak sambil mendengar hentakan musik yang cepat, tubuh pun nantinya akan melepaskan hormon yang mampu membuat Anda lebih bahagia. Anda mendapatkan tubuh yang lebih serta pikiran yang tenang.

 

Related News

Leave a Reply

Powered By. Penerbang Roket