7 Cara Usir Rasa Kantuk Di Kantor

Ketika Anda harus memimpin sebuah rapat, atau dikejar tenggat pekerjaan yang menumpuk, rasa kantuk mendadak datang. Tentu itu akan menjadi hal yang kurang mengenakan. Terlebih rasa kantuk tersebut berdampak negatif terhadap performa kerja kita. Kebanyakan rasa kantuk yang mendadak itu menyerang usai kita menghabiskan jam makan siang. Mengantuk itu memang manusiawi, namun kita tidak bisa menganggap kantor adalah rumah kita, di mana kita bisa seenaknya tidur dan melupakan pekerjaan-pekerjaan penting di sana.
Lalu bagaimana mengatasi rasa kantuk tersebut? Banyak mungkin yang mengira hanya dengan meminum secangkir kopi hangat sudah mampu menetralisir rasa kantuk di kantor. Enggak salah kok! Namun, ada juga beberapa tips lainnya yang bisa Anda praktekan, jika kopi belum cukup ampuh mengusir rasa kantuk.

1. Jangan Biarkan Ruangan Kerja Anda Sepi.

Cobalah nyalakan bunyi-bunyian yang sifatnya tidak teratur, seperti suara radio atau Mp3 musik Anda, di mana sangat ampuh merangsang kewaspadaan dan ketajaman otak Anda. Sementara itu, bunyi-bunyian yang teratur seperti kipas angin atau AC malah akan membuat rasa kantuk Anda semakin berat.

2. Penerangan Yang Cukup.

Penerangan yang cukup dalam ruangan juga akan membantu Anda terhindar dari rasa kantuk. Oleh karena itu, ruangan kerja semestinya didesain untuk lebih ramah terhadap cahaya. Jika ruangan kerja Anda terlanjur tidak mendapatkan cukup cahaya, Anda bisa sejenak menghampiri jendela terdekat atau keluar ruangan untuk mencari cahaya yang cukup. Cahaya yang lebih terang sangat efektif meminimalisir rasa kantuk.

3. Melakukan Latihan Ringan

Tidak ada salahnya melakukan latihan ringan, misalnya bangkit dari meja kantor, kemudian menggerakan kepala, tangan, atau kaki Anda. Bisa juga dilakukan dengan berjalan-jalan santai di sekitar ruangan kerja Anda. Gerakan-gerakan ringan ini berfungsi untuk menghambat rasa kantuk yang datang serta membuat tubuh agar terasa lebih lentur.

4. Luangkan Waktu

Ada baiknya meluangkan waktu selama 10 menit untuk menghirup udara segar di luar ruangan. Pergi ke taman terdekat dan pandangilah rimbun pepohonan untuk mengembalikan kesegaran pada mata Anda yang lelah.

5. Membasuh Wajah

Membasuh wajah di saat kantuk melanda terbukti memang sangat ampuh untuk menyegarkan pikiran dan tubuh Anda serta tentu mampu mengurangi rasa kantuk yang datang. Di saat membasuk wajah Anda, cobalah memberikan sedikit tepukan ringan pada pipi serta basahi kedua pergelangan tangan Anda. Sadarkan diri Anda bahwa pekerjaan masih menumpuk dan dikejar deadline.

6.  Mengobrol Ringan

Jika rekan kerja Anda sedang tidak sibuk, Anda boleh mampir sejenak ke meja kerjanya dan mengajaknya untuk mengobrol ringan beberapa menit. Ini akan sangat membantu otak kita, agar terangsang untuk berpikir dan akhirnya akan menghilangkan rasa ngantuk. Pastikan Anda tidak sedang mengganggu pekerjaan rekan Anda tersebut.

7. Letakkan Wewangian

Letakan wewangian semacam aroma terapi di dalam ruangan kerja Anda. Ini sangat efektif untuk menambah semangat kerja. Aroma wewangian yang mengandung mint atau sitrus sangat baik untuk mengurangi kantuk dan mengembalikan kesegaran pikiran.

Related News

Leave a Reply

Powered By. Penerbang Roket