8 Tips Yoga untuk Pemula

Sepuluh tahun belakangan ini, yoga menjadi olahraga yang paling digemari oleh masyarakat urban, terutama kaum hawa. Olahraga yang hampir berumur sekitar 5000 tahun ini tidak hanya mampu mengolah tubuh, tetapi juga melatih mental dan spiritual. Yoga (yuj) memiliki arti “mengontrol,” “menyatukan”, “bergabung,” atau “bersama,”. Dengan menggabungkan gerakan-gerakan tertentu serta meditasi, yoga juga ampuh menyeimbangkan pikiran dan menajamkan konsentrasi Anda.

Sebuah keputusan terbaik, jika Anda berpikir untuk mengikuti kelas Yoga. Jangan merasa takut tidak bisa atau kesulitan mengikuti gerakan-gerakan dari teknik yoga. Sejatinya, yoga itu mudah dipelajari dan dipraktekan. Bagi Anda yang masih “pemula” dengan yoga, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika melakukannya untuk pertama kali.

Mulai Perlahan

Temukan posisi yoga  yang nyaman untuk Anda ketika pertama kali mengikuti sesi latihan. Mulailah gerakan secara perlahan dan atur nafas Anda. Anda pasti akan mendapati posisi yoga yang sulit untuk dilakukan, karena tubuh masih terasa kaku. Tapi jangan khawatir, lama-kelamaan sepanjang Anda rutin berlatih, gerakan-gerakan yoga yang rumit itu akan terasa mudah untuk dilakukan.

Suasana Yoga 

Yoga semestinya dilakukan di tempat dengan ventilasi yang baik, terang, dan bebas dari gangguan. Anda dapat menemukan kelas yoga pemula di banyak tempat. Namun, jika Anda memutuskan untuk berlatih sendiri di rumah, usahakan ciptakan suasana yang tenang dan nyaman. Matikan TV, komputer, ponsel, atau perangkat elektronik untuk menghindari suara-suara yang dapat mengganggu konsentrasi yoga Anda. Bisa juga menyiapkan aromaterapi untuk menambah sensasi rileksasi di dalam ruangan.

Pernafasan

Aturlah nafas Anda dengan baik dan benar saat melakukan berbagai postur yoga. Pernapasan yang baik akan membantu Anda lebih rileks. Jika Anda tidak bisa bernapas dengan lancar atau mulai merasa kelelahan atau sakit segera akhiri pose yang sedang Anda lakukan.

Pilih cabang Yoga

Ketika Anda mendaftar kelas yoga, Anda akan menemukan banyak pilihan cabang yoga yang ditawarkan. Mulai dari cabang utama yoga, seperti Hatha Yoga, Karma Yoga, Juana Yoga, Bhaki Yoga, dan Raja Yoga. Anda boleh memilih style yoga yang sesuai dengan tingkat kebugaran, kepribadian, dan kondisi kesehatan Anda.

Makan

Perlu diketahui, yoga itu paling baik dilakukan saat perut kosong atau usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan yang berat. Anda boleh saja mengonsumsi makanan ringan dua jam sebelum latihan.

Instruktur Yoga

Untuk para pemula, ada baiknya melakukan gerakan-gerakan yoga di bawah pengawasan instruktur yoga berpengalaman. Mereka bisa mengoreksi postur (asanas) atau gerakan kalian, sehingga menghindari diri dari cedera akibat salah gerakan.

Waktu

Pagi hari adalah waktu paling tepat untuk melakukan yoga. Di samping Anda akan mendapatkan udara pagi yang segar, suasana pagi ketika matahari terbit juga membawa ketenangan. Anda akan merasakan relaksasi terbaik pada jam-jam tersebut. Anda pun akan lebih fit untuk memulai hari.

Perlengkapan Yoga

Dua perlengkapan yoga yang harus diperhatikan adalah pakaian dan matras yoga. Kenakan pakaian yang agak longgar, karena itu akan membuat Anda lebih nyaman dalam melakukan pose yoga. Anda perlu memakai sesuatu yang tidak membatasi gerakan Anda selama beryoga. Matras adalah alat yang paling wajib Anda miliki untuk melancarkan latihan yoga. Berinvestasilah dengan matras yoga yang baik. Dengan matras berkualitas tinggi dan awet akan terus mendukung kenyamanan Anda dalam berlatih yoga.

Related News

Leave a Reply

Powered By. Penerbang Roket