Kicauan Asik Berbahasa Inggris

Jari-jari tangan kanan Retno Sofyaniek membuka beberapa halaman dari bab pertama buku bertajuk Things Your English Books Don’t Tell You. Dengan nada suara teraturnya, perempuan berambut hitam panjang ini memaparkan intisari yang terkandung dalam buku bersampul warna biru muda tersebut. Inilah buku pertama yang ia susun bersama tujuh rekannya di bawah bendera @EnglishTips4U. Buku pelajaran Bahasa Inggris praktis ini terkemas funky bercita rasa anak muda lengkap dengan tagline mentereng “Jago bahasa Inggris, tepat, cepat, dan nggak pakai ribet”.

Neno, begitu sapaan akrabnya tak pernah menyangka akun Twitter @ EnglishTips4U yang ia aktifkan sejak 2011 lalu mampu merilis sebuah buku. Pun lulusan S1 Sastra Inggris Universitas Brawijaya ini tak pernah menduga efek yang dibawa @EnglishTips4U bisa sebesar itu. Di jagat media sosial Twitter, @EnglishTips4U terkenal sebagai empunya portal belajar bahasa Inggris di Indonesia. Di tahun 2011, hanya @EnglishTips4U yang aktif memenuhi lini masa setiap harinya dengan ulasan dan tips bermutu seputar grammar, tenses, atau pun slang dalam bahasa Inggris. “Pertama kali ngetweet akun ini pada 2 Januari 2011 dan enggak nyangka banyak yang follow dan retweet,” kata pengajar di Active English ini.

Ide untuk membuat akun Twitter @EnglishTips4U itu pun diakui Neno berawal dari perdebatannya dengan seorang follower di akun pribadi Twitternya.

Lucu sih, awalnya gara-gara aku ingin mengoreksi grammar bahasa Inggris seseorang di Twitter. Waktu itu aku ngotot, tapi orang itu juga enggak bisa ngejelasin pembenarannya. Lelah berdebat, Ia malah menyarankanku untuk bikin akun yang khusus mengajarkan bahasa Inggris. Setelah aku pikir-pikir, oke challenge is accepted,” kenangnya penuh tawa.

Kemudian, Neno pun meluangkan waktu senggangnya dua hari dalam seminggu untuk ngetweet di @EnglishTips4U. Beberapa tweeps pun mulai tertarik follow akun tersebut. Berkembang dari yang awalnya hanya di kalangan teman dan kerabatnya, meningkat dengan tambahan followers dari berbagai pelosok negeri dan latarbelakang. “. Tercatat saat artikel ini dinaikan, @EnglishTips4U sudah memiliki sekitar 77.900 followers.

Aktivitas ngetweet pun menjadi semakin rutin dilakukan Neno, yang awalnya hanya dua hari menjadi tiga, empat, hingga setiap hari. Belum lagi banyaknya permintaan dari followers untuk membahas topik-topik tertentu dari pelajaran Bahasa Inggris. “Banyak yang mention ke kita kalau sekalinya enggak ngetweet dan banyak pula yang menanyakan hari ini mau ngetweet apa, dan ada pula yang menyarankan untuk bahas topik yang ini saja,” jelas perempuan yang gemar baca buku ini.

Lantaran kewalahan mengurus @EnglishTips4U sendirian, akhirnya Neno pun mengajak teman sewaktu kuliahnya di Malang untuk membantu ngadmin di akun tersebut. Bahkan setelah itu, ia memberanikan diri untuk open recruitment admin lebih banyak lagi. “Ternyata banyak juga followers di @EnglishTips4Uyang antusias melamar sebagai admin,” tuturnya. Akhirnya Neno pun bisa membentuk sebuah tim untuk @EnglishTips4U yang berjumlah 9 orang.

Transfer ilmu Ketertarikan Neno dengan bahasa Inggris serta latar belakang profesinya sebagai seorang pendidik secara tidak langsung menjadikan @EnglishTips4U sebagai tempatnya berbagi ilmu. Ia menyadari, bahwa pengetahuan yang ia peroleh selama ini sudah hampir penuh dan mesti segera dibagikan bagi mereka yang memerlukannya. “Simpelnya, kalau orang memberi itu kan, karena mereka punya. Nah, di sini pun kita begitu. Kita punya ilmu dan ada baiknya kita sharing. If it cannot bring you anywhere, at least the knowledge that you get by mastering this language itu tidak ternilai, itu yang ingin kita sampaikan ke followers kita,” papar perempuan yang berdomisili di Kesiman ini.

Neno menegaskan bahwa ia dan tujuh kawannya telah menyatukan visi, bahwa @ EnglishTips4U sejauh ini dijalankan secara non-profit. “Kalau mau dijadikan bisnis bisa saja. Tapi kita tidak berada pada fokus itu. Kita semua di sini adalah volunteer. Kalau pun nanti ada yang ingin beriklan di akun ini, kami pun harus mempertimbangkan kembali hal tersebut. Orang-orang senang berkunjung ke linimasa kami, karena bebas dari iklan. Itu yang ingin tetap kami pertahankan,” tambahnya.

Menurut Neno, plus point yang dimiliki @EnglishTips4U adalah twit pembahasan pelajaran Bahasa Inggrisnya yang dapat dengan mudah dicerna di kalangan anak muda. Terlebih dengan interaksi yang terjalin antara admin dan followers membuat aktivitas belajar Bahasa Inggris pun semakin menarik dan tidak menakutkan.

Banyak respon positif berdatangan yang menganggap @EnglishTips4U lebih ‘cool’ dari guru Bahasa Inggris di sekolah mereka. Mungkin, itu karena kami bisa menjalin komunikasi dua arah dengan mereka dan tercipta sebuah diskusi yang asik, “ sambungnya.

Bahasan-bahasan asik yang @EnglishTips4U tawarkan setiap hari ke followers-nya pun didapatkan oleh Neno dan timnya dari berbagai referensi. “Sebenarnya modalnya hanya kepo. Kepo di sini maksudnya kepo untuk bahasa Inggris ya. Kami sering kali penasaran dengan hal yang berbau Bahasa Inggris yang sebelumnya belum dapat kami temukan jawabannya secara detil dan rinci. Itu kita gali dan kita diskusikan, hingga nantinya kita twit-kan solusinya ke followers,” ungkapnya.

Di tahun ketiga @EnglishTips4U, buku “Things Your English Books Don’t Tell You” pun dirilis sebagai puncak eksistensi mereka. Buku yang sebagian besar isinya merupakan kompilasi dari twit-twit @EnglishTips4U di linimasanya itu menawarkan sebuah konsep buku dengan pembahasan yang jarang disentuh oleh bukubuku pelajaran bahasa Inggris pada umumnya. Perempuan kelahiran 28 Maret 1985 juga memberi sinyal, bahwa akan ada rencana untuk membuat buku kedua @EnglishTips4U untuk ke depannya. Wah!

Related News

Leave a Reply

Powered By. Penerbang Roket