Mens Sana In Corpore Sano

Di tempat saya bekerja saat ini, boleh dibilang kegiatan yang ada sungguh luar biasa banyak. Disamping pekerjaan khas perbankan yang tiada habisnya, ada juga beberapa project sederhana untuk leadership dan tentu saja kegiatan bersenang-senang. Terus terang, mengatur hampir 400 orang penduduknya sungguh bikin pusing kepala. Dan suatu hari, tiba-tiba saja perusahaan menetapkan di mana seluruh pegawai wajib ikut olah raga, Senin – Kamis mulai pukul 5 sore (berlaku absensi lho). Tidak tanggung-tanggung, pilihan sport-nya mulai dari bulutangkis, futsal, pingpong, yoga, bodycombat, zumba, atau sekedar jogging dan running di Lapangan Renon. Repot mengatur waktu itu sudah pasti, mengeluh sudah jelaslah. Namun, perusahaan sebenarnya berhasil membuat kita belajar menjadi pribadi yang lebih baik dengan olahraga.

1. Do Not Stop

Saat Anda sedang olahraga lari, bodypump, atau bodycombat, paha berasa pedas, pegal, ulu hati yang mulai meringis, apa Anda langsung berhenti? Saya yakin, tidak. Disamping Anda tahu sendiri mengapa kurang tepat jika Anda langsung berhenti bergerak. Teman-teman atau personal trainer Anda pasti menyarankan option lain, agar Anda tetap bergerak dan kembali pada tempo latihan. Begitu pula dalam dunia kerja. Anda sudah berdarah-darah berbuat segala upaya, berusaha menyelesaikan sesuai deadline, namun tiba-tiba atasan Anda kurang berkenan dengan upaya Anda. Lalu apa anda akan berhenti? Tidak! Kita tidak pernah tahu kapan ada kemungkinankemungkinan keberhasilan, jika akhirnya Anda berhenti berusaha. Terkadang kesabaran kita memang dituntut ekstra lebih pada masalah-masalah tertentu, namun jangan berhenti. Semut saja tidak berhenti mengumpulkan makanan hingga musim dingin datang bukan? Dan hasilnya mereka tidak takut kelaparan atau mati selama musim dingin. So, please don’t stop! There are many ways to achive your goal.

2. Komitmen + Konsistensi + Kesabaran

Yup, olahraga adalah ilmu yang lengkap tentang “Komitmen + Konsistensi + Kesabaran”. Begitu Anda datang untuk kegiatan olahraga Anda sudah tepat janji bukan? Seiring waktu, sesuai jadwal yang sudah disusun, Anda konsisten mengikutinya dan lambat laun hasilnya sehat plus body seperti The Jollie-Pitt. Begitu pula saat Anda berada di dunia kerja dan menjalani keseharian. Zaman sekarang, dunia sedang krisis pada pribadi-pribadi yang berkomitmen tinggi, mau konsisten dengan terus berusaha keras dan maksimal, serta sabar menunggu hasil kesuksesan. Seringkali kita merasa sudah pandai dan tahu segalanya, padahal dunia terus berkembang. Anda akan selalu dituntut commit to learn every time, konsisten pada kerja keras, serta sabar pada tekanan yang seringkali datang dari manusia lainnya.

3. Easy to be Happy

Hayoo, Anda termasuk orang yang tidak doyan senyum, boro-boro tertawa? Lewat olahraga Anda sangat mudah menemukan kegembiraan dan kebahagiaan. Jangan terlalu sulit berpikir. Saat jogging di lapangan, Anda bisa melakukannya sambil ngobrol dan cekikan bersama teman. Atau Anda juga bisa sambil curhat pada teman sambil terengah-engah berlari. Mungkin saja Anda justru menertawakan diri sendiri saat tidak berhasil melengkungkan diri dalam yoga. Dalam keseharian atau bekerja, kita sering menemukan teman yang jutek atau kita yang melakukan kesalahan hingga dimarahi atasan. Atau kesal luar biasa, karena ide kita disabot orang. Cobalah untuk menertawakannya sesaat. Alih-alih Anda jadi ikutan emosi, kadang itu justru lebih baik mengobati hati kita. Plus, berjanjilah pada diri sendiri bahwa kejadian itu tidak akan berulang dan Anda akan selalu punya jalan untuk memastikan keberhasilan Anda.

4. Sehat

Dimana-mana jika Anda suka berolahraga, hasilnya pasti sehat, bugar, dan mungkin tubuh lebih berlekuk ramping. Bagi Anda yang pria, perut sudah seharusnya mengecil. Ya, olahraga tidak harus selalu mahal, olah raga tidak harus selalu di pusat kebugaran. Dengan fasilitas kantor yang disediakan, jika Anda memang bersungguh-sungguh, kegiatan ini benarbenar menguntungkan kita bukan? Dan, jika Anda sehat bugar, performance kantor Anda jauh lebih stabil.

5. Terbiasa dengan Challenge

Apa hubungan olahraga dengan challenge? Penat di kantor, puyeng urusan kehidupan, olahraga pakai challenge segala, duh! Jangan negatif dulu. Jika Anda terbiasa dengan olahraga seperti bodycombat atau yoga balance pada setiap gerakan dalam tracknya, Anda akan ditantang untuk lebih mampu berusaha maksimal, mengeluarkan seluruh kemampuan. Begitu pula dalam pekerjaan atau menjalani kehidupan Anda seutuhnya, bukan? Setiap detik kita selalu dihadapkan pada pilihan, risiko, masalah, yang semuanya menuntut untuk diselesaikan. Olahraga sebenarnya dapat membantu Anda terbiasa dengan situasi under pressure.

Related News

Leave a Reply

Powered By. Penerbang Roket